Circle Gallery

Tips membuat cover letter yang baik diupwork

contoh job desc

    Ketika kita mulai bidding (menawar) pekerjaan di upwork,tentunya tidak terlepas dari pembuatan cover letter atau surat penawaran.Jika di elance kita bisa mengintip cover letter sesama freelance ketika bidding,maka di upwork kita tidak bisa melakukannya,salahsatu masalah yang kadang dihadapi seorang freelancer dalam  pembuatan cover letter adalah bahasa,jadi mulai sekarang biasakan gunakan bahasa inggris dengan baik dan benar,jika perlu kursus untuk meningkatkan kompetensi kita mengapa tidak?ya kan.
   Cover letter juga merupakan point penting ketika kita  menjadi freelance,ini diibaratkan jika anda menjadi seorang sales mobil atau sales property tentu seorang sales harus mampu meyakinkan calon pembelinya agar mau membeli produknya,sama halnya dengan freelance,kesan awal yang diberikan harus mampu meyakinkan klien,disinilah kita harus meracik bagaimana caranya supaya client tertarik menggunakan jasa kita.Oke langsung saja berikut tips membuat cover letter di upwork:
  • Jangan copy paste cover letter untuk semua bidding.Hindari penggunaan template ketika bidding project,jadi harus disesuaikan dengan job desknya,ini akan memberikan point tersendiri bagi calon client.
  • Gunakan kata yang singkat padat dan jelas.Hindari kata-kata "Saya mungkin..." ,"Kira-kira".penggunaan kata jangan terlalu lebay,gunakanlah kata-kata yang singkat,padat dan jelas sehingga calon client tidak di buat bingung dengan isi cover kita.
  • Berikan  yang jelas kualifikasi kita,dalam pembuatannya baiknya kita tuliskan skill dan pengalaman kita,yakinkan calon client bahwa skill kita sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan,atau problem 
  • Berikan info kontak yang jelas.Di upwork kita boleh mencantumkan kontak pribadi kita baik itu skype,YM,gtalk maupun media komunikasi lainnya,beberapa situs lain tidak memperkenankannya,jadi lumayan kita bisa menambah daftar client kita.Favorite saya adalah skype
  • Berikan pendekatan secara personal,buatlah calon klien kita merasa seperti teman biasa atau patner,jangan buat anggapan seperti majikan dan pembantu,tentu tetap profesional dalam setiap penyampaian bahasanya.cantumkan namanya  jika calon client terdapat nama di job descnya.
  • Berikan referensi yang tepat.Contoh Jika kita ingin bidding pekerjaan tentang wordpress,kita berikan link blog/web tentang joomla tentu ini kesalahan fatal,jadi berikan referensi yang sesuai agar menambah point dimata klien.
  • Buatkan Prototype  tentang jobnya.Ini bisa memberikan gambaran yang jelas apa yang sebenarnya dibutuhkan klien,kita buatkan prototipe mengenai job yang ditawarkan,tidak harus komplit,jelas ini akan menjadi pembeda cover letter kita dengan kompetitor lainnya dimata calon klien.saya rasa ini tidak akan sia-sia.
  • Struktur yang jelas.Biasakan buat struktur yang jelas,biasanya struktur yang sering digunakan berisi perkenalan,resume kita,apa yang akan dikerjakan dan terakhir kontak.
  • Jawab additional question jika ada.Biasanya selain job desc calon klien juga menambahkan tambahan pertanyaan atau saran.berikan saran yang membangun dan terarah,jangan sampai pertanyaan atau saran tersebut tidak kita isi.

Demikian tips-tips membuat cover letter yang baik di upwork,tentu ini juga bisa digunakan untuk situs marketplace lain tetapi harus diperhatikan juga TOS(term of servicenya) nya.happy bidding

Share on Google Plus

About klipoo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Gan bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di upwork, saya sudah daftar tp blm tau cara pengunaan nya...

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tips-tipsnya tapi saya masih perlu satu tips lagi yaitu tentang tes yang diujikan di Upwork. Bagaimana caranya lolos tes di Upwork dan jenis tes apa yang sekiranya tidak terlalu memberatkan untuk pemula seperti saya ini? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus