Circle Gallery

tips mendapatkan klien pertama bagi freelance pemula di upwork

Buat para freelance yang baru gabung di upwork,mungkin belum terlalu familiar dengan proses bidding di upwork.Jika akun sudah disetujui kita bisa mulai mencari project yang sesuai dengan kemampuan kita.nah apa saja perlu diperhatikan untuk mendapatkan client pertamamu .mari kita simak.

1.Hindari klien dari PBSI

Tentu sudah familiar dong dengan PBSI,tenang ini bukan Persatuan bulutangkis seluruh Indonesia,ini Cuma istilah aja dikalangan para freelancer Indonesia.PBSI singkatan dari Pakistan ,Bangdalesh ,Srilanka,India.ya untuk dapat klien pertamamu sebisa mungkin hindari klien dari Negara-negara ini karena biasanya  akan memberikan feedback yang negative jika kita tidak mau merevisi apa yang mereka mau,padahal tidak dalam kesepakatan awal.

2.Cari klien yang sudah verified paymentnya

Tentu ini sangat kita butuhkan untuk memberikan garansi bahwa pekerjaan kita akan dibayar.

3.Usahakan jadilah yang pertama melakukan bidding

Klient biasanya akan melihat response yang awal-awal yang masuk jika memang pekerjaannya tidak terlalu sulit atau membutuhkan waktu yang singkat dalam pengerjaannya ,misalnya hilangkan banner,atur CSS,

4.Buat Cover Letter yang Personal banget

Ketika kita membuat cover letter usahakan jangan copy paste dari cover letter yang sudah pernah kita kirimkan ke klien lain ,usahakan kita tahu nama klien , ini bisa kita lihat di feedback dari freelancer lain tentang klien ini.

5.Memberikan solusi atas masalah klien

Jika kita tahu dan paham masalah yang dihadapi klien buatlah solusi dengan mencantumkan link atau screenshoot untuk memperjelas didalam cover letter kita.

6.Buat Profilemu sekece mungkin

Untuk mendapatkan klien ,buat dan lengkapi profilmu semenarik mungkin tentu dengan skill dan portofolio yang kita miliki ,bagaimana jika ga punya ,minimal kita punya github atau gitlab yang bisa kita berikan untuk meyakinkan calon klien kita.Jika masih terasa kurang kita bisa stalking untuk lihat profil2 yang sudah banyak client

6.Apply,apply dan apply

Ada istilah lamaran ga akan ditolak jika ga pernah dikirim,ya jangan terlalu lama berfikir langsung kirim saja jika memang kamu mampu.,untuk mendapatkan klien pertamamu teruslah bidding,bidding dan bidding

7.Banyak berdo’a kepada allah subhanahu wata’ala

Untuk mendapatkan itu klien pertamamu banyak berdoa yang paling utama ,sebesar apapun usaha kita tanpa dibarengi dengan doa tentu akan sia-sia.


Share on Google Plus

About klipoo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar